PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN UMUM DI MTs PLUS PONDOK PESANTREN PENA PUSTAKA

Facebook


Skripsi dengan judul “Peningkatan Mutu Pendidikan Umum Di MTs Plus Pondok Pesantren PENA PUSTAKA ” yang ditulis oleh Pena Pustaka, 2005, NIM : 32110167676767, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pena Pustaka, yang dibimbing oleh Drs. Pena Pustaka, M.Ag.
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan Islam masa kini dihadapkan pada tantangan yang jauh lebih berat, diantaranya adalah timbulnya aspirasi dan idealitas ummat manusia yang serba multi interest dan berdimensi nilai ganda dengan tuntutan hidup yang multi kompleks pula. Sehingga perlu diadakan perubahan orientasi pendidikan Islam dalam zaman teknologi masa kini dan masa lampau. Yang semula berorientasi pada kehidupan ukhrawi berubah menjadi duniawi-ukhrawi secara bersamaan.
Dalam menghadapi tantangan yang demikian, MTs Plus Pena Pustaka  merasa perlu mengadakan peningkatan-peningkatan dalam bidang pendidikan umum disamping juga pendidikan agamanya. Kader-kader Islami yang diharapkan oleh masa depan adalah yang mempunyai iptek tinggi dan imtaq kuat, sehingga nantinya mempunyai daya saing yang kuat.
Pokok bahasan yang manjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah keadaan pendidikan umum di MTs Plus Pondok Pesantren PENA PUSTAKA  ? (2) Bagaimanakah mutu pendidikan umum yang ada di MTs Plus Pondok Pesantren PENA PUSTAKA  ? (3) Apa sajakah upaya yang dilakukan MTs Plus Pondok Pesantren PENA PUSTAKA  untuk meningkatkan mutu pendidikan umum ditinjau dari kurikulum, guru, siswa dan sarana prasarana ?
Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan padaumumnya untuk bahan referensi dalam rangka upaya meningkatkan mutu pendidikan umum. Skripsi ini juga bermanfaat bagi mahasiswa atau khalayak, sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian tentang upaya peningkatan mutu pendidikan umum yang terjadi di tempat lain. Dan tentunya akan sangat menarik apabila dilakukan di STAIN Pena Pustaka.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif.
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, keadaan pendidikan umum yang ada di MTs Plus Pena Pustaka sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan pendidikan umumnya menggunakan alokasi waktu khusus di pagi hari dengan prosentase 70 % setiap minggu. Sedangkan kurikulum yang dipakai adalah kurikulum Berbasis Kompetensi. Mengenai mutu pendidikan umum di MTs ini sudah bagus, yaitu dapat dilihat perolehan nilai UAN yang bagus, pengakreditasian dengan status Diakui serta didapatkannya beberapa prestasi di berbagai bidang juga dapat dilihat dari lulusannya. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan umum diantaranya : penggunaan KBK pada proses pengajaran, pendalaman materi pelajaran diprioritaskan pada mafikibb, penyesuaian tenaga pengajar dengan bidangnya, MGMP, pengadaan les pada pelajaran umum, pemberian conversation dan mufrodat, penggunaan alat dan media pelajaran umum secara terpadu, dan pembangunan dan rehabilitasi gedung.
Penulis menyimpulkan bahwa peran serta penulis sangat menentukan validitas data. Paparan data hasil penelitian dan temuan penelitian adalah merupakan hasil analisis data. 

 


Copyright@penapustaka.com